8 Tips AC Hemat Listrik dan Tahan Lama

8 Tips AC Hemat Listrik dan Tahan Lama

8 Tips AC Hemat Listrik dan Tahan Lama

Dinegara tropis seperti Indonesia, produk penyejuk udara banyak diminati konsumen. Akan tetapi disisi lain, AC merupakan peranti yang banyak menyedot listrik. berikut adalah 8 Tips AC Hemat Listrik dan Tahan Lama

1. Matikan AC jika tidak digunakan

Matikan AC jika tidak digunakan. Bila AC baru dimatikan, jangan langsung dinyalakan. Biarkan oli kompresor dan gas freon kembali ke kompresor dulu dan beristirahat minimal satu menit. Dengan demikian, AC Anda akan lebih tahan lama.

2. Tutup semua jendela atau lubang angin saat AC menyala.

Tutup semua jendela atau lubang angin saat AC menyala. Sirkulasi udara di ruangan membuat suhu ruangan tidak stabil dan akan membuat AC bekerja ekstra.

3. Setting di suhu normal ruangan.

Suhu normal ruangan berkisar 24º C -27º C. Semakin rendah suhu AC semakin besar energi yang dikeluarkan.

4. Gunakan pengatur waktu (timer).

Suhu udara saat dini hingga subuh biasanya rendah, sehingga penggunaan AC dalam rentang waktu ini justru membuat badan menggigil kedinginan. Dengan fitur timer, Anda dapat mematikan AC setelah beberapa jam beroperasi, sehingga suhu ruangan tetap nyaman.

5. Bersihkan AC secara berkala

Bersihkan AC secara berkala, setidaknya tiga bulan sekali. Bila AC diletakkan di tempat yang banyak debu atau asap(termasuk asap rokok), maka AC harus dibersihkan dua bulan sekali.

8 Tips AC Hemat Listrik dan Tahan Lama

AC yang kotor, terutama di bagian filter, evapator dan kipas akan membuyuhkan daya ekstra untuk mencapai kondisi ideal pendinginan. hal ini tentu menyedot energi listrik lebih banyak.

6. Gunakan kapasitas AC sesuai besaran ruangan.

Guankan kapasitas AC sesuai besaran ruangan. Ruangan berukuran kecil sudah selayaknya menggunakan AC dengan kapasitas 0.5 PK. Ruangan kecil dengan kapasitas AC besar akan membuat ruangan terlampau dingin, sementara ruangan besar dengan kapasitas AC kecil, akan membuat AC bekerja lebih keras dan memboroskan energi.

7. Jangan letakkan alat-alat elektronik di dekat AC

Jangan letakkan alat-alat elektronik di dekat AC, karena akan mengganggu kinerja AC.

8. Pilih produk AC yang hemat energi.

Pilih produk AC yang hemat energi. Harganya memang lebih tinggi dari AC biasa. Namun, penghematan listriknya—dalam jangka panjang—bisa jadi akan lebih besar. Hitung-hitung investasi bukan?

 

Ingin Memasang AC? Hubungi kami sekarang juga!

CV. Juata Jaya Teknik

☎️/ WA / Line : 0813-8681-0348

PIN BB : JUATAAC

E-Mail : marketing@juata.co.id 

Instagram : @juatajayateknik

Telegram   : @juatajayateknik

No Comments

Post A Comment